.: H - E - N - D - R - I :.

HENDRI-ONLINEdotBLOGSPOTdotCOM

MORE ABOUT ME...

Hendri Destiwanto, ia bukan seorang pujangga, penyair ataupun motivator, hanyalah manusia biasa. Blog ini kami buat semata-mata untuk pembelajaran diri saya pribadi, tidak bermaksud untuk membuat rugi pihak lain. Postingan memang sebagian besar kopi-paste dan sumber asli selalu saya sertakan. Bila ada yang tidak berkenan, akan segera saya hapus. Semoga bermanfaat !!!

Welcome....

Hendri Destiwanto mengucapkan selamat datang di blog pribadi saya ini. Semoga memberikan kemanfaatan bagi kalian para pengunjung. Saran, kritik dan komentar selalu saya harapkan...

TIPS PUASA ROMADHON

1. NIATKAN UNTUK BERPUASA.


Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita kuat untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat untuk berpuasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.



2. TETAP USAHAKAN MAKAN SAHUR.


Makan sahur penting untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas. Bila kita tidak makan sahur seseorang akan menjadi Hipoglikemia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk bahkan mudah marah.



3. HINDARI MAKAN & MINUM YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR.


Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.



4. SEGERA BERBUKA PUASA BILA TIBA WAKTUNYA.


Segeralah berbuka dengan makan yang manis (cth. : korma) sebab makan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minumlah secukupnya agar beban lambung tidak terlalu berat setelah berjam-jam kosong. Makan yang terlalu banyak saat berbuka akan menyebabkan sebagian besar darah terdistribusikan ke alat pencernaan, akibatnya aliran darah ke otak menjadi lebih sedikit, tubuh menjadi lemas, mengantuk dan malas berpikir.


5. TETAP BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN.


Salah satu penyebab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah, ramai-ramai berolahraga sehabis sahur/Subuh. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat selama berpuasa.



6. MENJAGA KEBERSIHAN GIGI & MULUT SELAMA BERPUASA.


Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segara menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.





diambil dari : http://groups.yahoo.com/group/Pendaki/message/125

0 komentar:

Posting Komentar